Iklan Facebook Anda di Tolak? Cek Disini

Proses Tinjauan Iklan

Sebelum iklan muncul di Facebook atau Instagram, iklan-iklan tersebut ditinjau untuk memastikannya telah memenuhi Kebijakan Beriklan kami (sebelumnya bernama “Pedoman Iklan”). Biasanya, sebagian besar iklan ditinjau kurang dari 24 jam, meskipun kadang diperlukan waktu lebih lama.
Berikut adalah tiga alasan paling umum mengapa iklan tidak lolos tinjauan kami.

Menggunakan Teks Dalam Gambar

Iklan tidak boleh menyertakan gambar dengan teks yang menutupi lebih dari 20% area gambar.
Hal ini antara lain karena penggunaan gambar dengan teks minimal menjadikan konten Anda lebih menarik dan membantu memastikan bahwa orang hanya melihat konten berkualitas tinggi di Facebook dan Instagram. Pedoman ini berlaku untuk semua iklan, termasuk gambar mini video.
Anda juga dapat menggunakan alat kisi kami untuk memastikan bahwa gambar iklan Anda memenuhi persyaratan kebijakan ini.
Pelajari selengkapnya tentang kebijakan ini. Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang iklan Anda yang tidak disetujui, harap hubungi kami.

Menyebutkan Facebook di Iklan Anda

Kadang Anda mungkin perlu merujuk ke Facebook dalam iklan Anda. Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan saat Anda melakukan hal ini.
Boleh:

Menulis “Facebook” dengan huruf besar “F”
Menampilkan kata “Facebook” dengan ukuran font dan gaya yang sama seperti konten di sekitarnya

Tidak boleh:

Menggunakan logo Facebook di tempat kata “Facebook”
Menjadikan Facebook dalam bentuk jamak, menggunakannya sebagai kata kerja atau menyingkatnya
Menggunakan logo Facebook dalam versi berbeda dalam gambar untuk iklan Anda

Pelajari selengkapnya tentang kebijakan ini. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang iklan Anda yang belum disetujui, harap hubungi kami.

Materi dengan Pembatasan Usia

Beberapa iklan tidak disetujui karena mereka mencoba menampilkan foto atau pesan kepada pemirsa yang terlalu muda. Sebagai contoh, iklan untuk alkohol harus memenuhi pedoman tertentu yang mencakup pembatasan usia berdasarkan undang-undang yang mengatur iklan alkohol di lokasi target.
Pelajari selengkapnya tentang kebijakan ini. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang iklan Anda yang tidak disetujui, harap hubungi kami.
Yang Harus Anda Tahu
  1. Pedoman Iklan berlaku untuk (1) semua iklan dan konten komersial yang disajikan oleh Facebook atau dibeli melalui Facebook, di dalam maupun di luar layanan Facebook, termasuk iklan yang dibeli berdasarkan Syarat dan Ketentuan Standar AAAA/IAB, dan (2) iklan yang muncul di dalam aplikasi di Facebook, dan (3) iklan di Instagram. Penggunaan produk dan layanan iklan Facebook adalah bagian dari “Facebook” berdasarkan Pernyataan Hak dan Kewajiban Facebook (https://www.facebook.com/legal/terms, dan tunduk terhadap Pernyataan Hak dan Kewajiban tersebut. Anda harus tunduk terhadap ketentuan dan pedoman tambahan jika Anda menggunakan Instagram atau produk atau layanan tertentu yang berkaitan dengan iklan Facebook.
  2. Pengiklan bertanggung jawab untuk memahami dan mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kegagalan mematuhi peraturan ini menyebabkan beragam konsekuensi, termasuk pembatalan iklan yang telah Anda tempatkan dan penghentian akun Anda.
  3. Kami tidak menggunakan data pribadi sensitif untuk penargetan iklan. Topik yang Anda pilih untuk menargetkan iklan Anda tidak mencerminkan kepercayaan, karakteristik, atau nilai pribadi pengguna.
  4. Jika Anda mengelola iklan atas nama pengiklan lain, setiap pengiklan atau klien harus dikelola melalui akun iklan terpisah. Anda dilarang mengganti pengiklan atau klien yang terkait dengan akun iklan yang sudah dibuat. Anda bertanggung jawab memastikan bahwa setiap pengiklan mematuhi Kebijakan Iklan ini.
  5. Kami berhak menolak, menyetujui, atau menghapus iklan karena alasan apa pun, dengan kebijaksanaan kami sendiri, termasuk iklan yang secara negatif memengaruhi hubungan kami dengan pengguna atau yang mempromosikan konten, layanan, atau aktivitas, yang bertentangan dengan posisi kompetitif, kepentingan, atau filosofi iklan kami.
  6. Untuk kebijakan yang memerlukan izin sebelumnya, Facebook atau Perusahaan Facebook mungkin memberikan izin ini.
  7. Kebijakan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Konten yang Dilarang
  1. Iklan tidak boleh berupa, memfasilitasi, atau mempromosikan produk, layanan, atau aktivitas ilegal. Iklan yang ditargetkan kepada anak di bawah umur tidak boleh mempromosikan produk, layanan, atau konten yang tidak pantas, melanggar hukum, tidak aman, atau mengeksploitasi, menyesatkan, memaksa dengan tekanan yang tidak semestinya kepada grup usia yang ditargetkan.
  2. Iklan dilarang mempromosikan penjualan atau penggunaan:
    1. Obat-obatan ilegal, resep dokter, atau narkoba;
    2. Produk tembakau dan paraphernalia terkait;
    3. Suplemen tidak aman, sebagaimana diatur oleh Facebook berdasarkan kebijakannya;
    4. Senjata, amunisi, atau bahan peledak; atau
    5. Produk atau layanan untuk dewasa (kecuali untuk iklan keluarga berencana dan kontrasepsi).
  3. Iklan tidak boleh melanggar Standar Komunitas kami. Iklan di Instagram tidak boleh melanggar Pedoman Komunitas Instagram. Selain itu, iklan tidak boleh berisi hal berikut:
    1. Konten yang melanggar atau menyalahi hak-hak pihak ketiga, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak pribadi maupun hak kepemilikan lainnya.
    2. Konten dewasa. Ini mencakup ketelanjangan, penggambaran orang dalam posisi atau aktivitas yang mengundang pikiran tidak senonoh atau seksual, atau gambar-gambar yang provokatif.
      CONTOH
      Gambar tidak boleh menampilkan seksualitas yang berlebihan, mempertontonkan bagian tubuh yang terbuka, belahan payudara atau memfokuskan pada bagian tubuh yang tidak sepatutnya – meskipun ditampilkan untuk alasan seni atau pendidikan.
      Hindari gambar yang terlalu menampilkan seksualitas.
      Hindari gambar yang menjurus ke arah seksual.
    3. Konten mengejutkan, sensasional, menghina, atau kekerasan berlebihan.
      CONTOH
      Gambar yang menakutkan, mengerikan, dan sensasional tidak diizinkan karena dapat mengejutkan atau menimbulkan respons negatif dari pemirsa.
      Hindari gambar yang dapat mengejutkan atau menakutkan.
      Hindari gambar kekerasan atau konfrontasi.
    4. Konten yang menyatakan atau mengimplikasikan atribut pribadi. Ini meliputi pernyataan atau implikasi langsung atau tidak langsung tentang ras, etnis, agama, kepercayaan, usia, orientasi seksual, identitas gender, disabilitas, kondisi medis (termasuk kesehatan fisik atau mental), status keuangan, keanggotaan serikat dagang, catatan kriminal, atau nama.
      CONTOH: RAS, AGAMA, NAMA
      Tidak diizinkan merujuk ke atribut pribadi seseorang. Menggunakan kata “lainnya” juga dapat menyebabkan iklan Anda tidak disetujui.
      Berkenalan dengan Pria Kulit Hitam Hari Ini.
      Berkenalan Perempuan Kristen.
      T-Shirt Khusus.
      Temukan Lajang Kulit Hitam lainnya.
      Apakah Anda Beragama Kristen?
      Beli Baju Ini, Greg.
      Pernyataan ini menjelaskan layanan atau produk. Pernyataan tersebut tidak menjelaskan orang.
      Hindari pernyataan yang memaksakan atau mengimplikasikan ras, agama, atau nama orang.
    5. Konten curang, palsu, atau menyesatkan, termasuk klaim, penawaran, atau praktik bisnis curang.
    6. Konten yang mengeksploitasi masalah politik atau sosial untuk tujuan bisnis.
    7. Audio atau animasi flash yang diputar secara otomatis tanpa interaksi orang atau membentang di dalam Facebook setelah seseorang mengeklik iklan itu.
    8. Halaman tujuan non-fungsional. Ini mencakup halaman tujuan yang mengganggu kenyamanan seseorang untuk keluar dari halaman tersebut.
    9. Spyware, malware, atau perangkat lunak yang menimbulkan pengalaman yang tak diharapkan atau menipu. Ini mencakup tautan ke situs yang berisi produk.
    10. Tata bahasa atau tanda baca yang buruk. Simbol, angka, atau huruf harus digunakan dengan tepat.
    11. Gambar yang menggambarkan fungsionalitas yang tidak ada.
      CONTOH
      Gambar tidak boleh menggambarkan fungsionalitas yang tidak ada, seperti tombol “putar” yang menyarankan kapabilitas video atau tombol “tutup” tetapi tidak menutup.
      Tombol di dalam gambar ini menjelaskan secara akurat apa yang terjadi jika seseorang mengeklik iklan tersebut.
      Hindari gambar yang menampilkan elemen menyesatkan, seperti tombol “putar”.
    12. Gambar yang berisi tampilan “sebelum dan sesudah” atau gambar yang berisi hasil yang tidak terduga atau tidak dapat dipercaya.
      CONTOH
      Kami tidak mengizinkan gambar yang menonjolkan tubuh atau bagian tubuh “ideal”, atau gambar yang menampilkan hasil yang tidak terduga atau tidak dapat dipercaya – seperti “gambar sebelum dan sesudah”.
      Gambar ini berfokus pada perilaku sehat daripada atribut fisik.
      Hindari gambar “sebelum dan sesudah”.
Konten Dibatasi
  1. Alkohol: Iklan yang mempromosikan atau merujuk pada alkohol harus: (i) Mematuhi semua undang-undang lokal yang berlaku, tata tertib industri yang diwajibkan atau ditetapkan, pedoman, lisensi, dan persetujuan dan (ii) menggunakan kriteria penargetan usia dan negara yang sesuai dengan pedoman penargetan Facebook dan undang-undang lokal yang berlaku. Penting untuk dicatat bahwa mempromosikan atau merekomendasikan alkohol dilarang di beberapa negara, termasuk tetapi tidak terbatas untuk: Afghanistan, Brunei, Bangladesh, Mesir, Gambia, Kuwait, Libya, Norwegia, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, atau Yaman.
    INFORMASI LAINNYA
    Penargetan: Tunduk terhadap semua undang-undang, peraturan, kode industri, dan pedoman ini. Anda hanya boleh menargetkan iklan alkohol untuk kelompok usia berikut:
    1. 25 tahun atau lebih di India dan Swedia.

    2. 21 tahun atau lebih di Kamerun, Mikronesia, Palau, Kepulauan Solomon, Sri Lanka, dan AS.
    3. 20 tahun atau lebih di Jepang, Islandia, Thailand, dan Paraguay.
    4. 19 tahun atau lebih di Kanada, Korea, dan Nikaragua.
    5. 18 tahun atau lebih di negara lain mana pun (kecuali negara yang disebutkan di Bagian 3.1 Pedoman Iklan).
  2. Iklan kencan: Iklan untuk layanan kencan online hanya diperbolehkan dengan izin tertulis. Iklan jenis ini harus mematuhi persyaratan penargetan kencan dan pedoman kualitas layanan kencan kami yang dapat Anda lihat di sini.
  3. Judi/permainan ketangkasan online dengan uang sebenarnya: Iklan yang mempromosikan atau memfasilitasi perjudian online dengan uang sebenarnya, permainan ketangkasan dengan uang sebenarnya, atau lotre dengan uang sebenarnya, termasuk kasino, buku olahraga, bingo, atau poker, hanya diperbolehkan di negara tertentu dengan mendapatkan izin tertulis.
  4. Lotre negara: Lotre yang diadakan oleh lembaga pemerintah boleh beriklan di Facebook, asalkan iklan tersebut ditargetkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di yurisdiksi tempat iklan akan ditayangkan dan hanya boleh ditargetkan kepada pengguna di yurisdiksi tempat lotre itu tersedia.
  5. Obat-obatan online: Iklan obat-obatan online dan offline hanya diperbolehkan dengan izin tertulis sebelumnya.
  6. Suplemen: Iklan yang mempromosikan makanan dan suplemen herbal hanya boleh menarget pengguna yang berusia minimal 18 tahun.
  7. Layanan langganan: Iklan untuk layanan langganan, atau yang mempromosikan produk atau layanan yang menyertakan opsi negatif, perpanjangan otomatis, produk tagihan konversi bebas biaya, atau pemasaran seluler tunduk pada persyaratan layanan langganan kami yang dapat Anda baca di sini.
Iklan Video
  1. Iklan video dan jenis iklan dinamis lainnya harus memenuhi semua aturan yang tercantum dalam Kebijakan Iklan ini, termasuk Standar Komunitas, serta kebijakan di bawah.
    1. Konten yang dilarang:
      i. Pengalaman yang interuptif: Video dan jenis iklan sejenis tidak boleh menggunakan taktik mengganggu, seperti layar yang berkedip.
    2. Pembatasan terkait hiburan:

      i. Iklan untuk trailer film, acara TV, trailer video game, dan konten serupa lainnya yang ditujukan untuk pemirsa dewasa hanya diizinkan dengan izin tertulis sebelumnya dari Facebook dan harus menargetkan kepada orang yang berusia minimal 18 tahun. Penggambaran sesuatu yang terlalu berlebihan terhadap konten berikut di dalam iklan tidak diizinkan:

      1. Penggunaan narkoba dan alkohol;
      2. Konten dewasa;
      3. Kata-kata tidak senonoh; atau
      4. Kekerasan dan kebrutalan.
Penargetan
  1. Anda tidak boleh menggunakan opsi penargetan untuk mendiskriminasi, melecehkan, memprovokasi, merendahkan pengguna lain, atau terlibat dalam praktik periklanan predator.
  2. Jika Anda menargetkan iklan Anda ke pemirsa khusus, Anda harus mematuhi ketentuan yang berlaku saat membuat pemirsa.
Pemosisian
  1. Relevansi: Semua komponen iklan, termasuk teks, gambar, atau media lainnya, harus relevan dan sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan dan pemirsa yang melihat iklan.
  2. Akurasi: Iklan harus secara jelas mewakili perusahaan, produk, layanan, atau merek yang sedang diiklankan.
  3. Halaman tujuan: Produk dan layanan yang dipromosikan dalam teks iklan harus cocok dengan yang dipromosikan di halaman tujuan, dan situs tujuannya tidak boleh menawarkan atau menautkan ke produk atau layanan yang dilarang.
Teks dalam Gambar
  1. Iklan tidak boleh memuat penambahan teks atau teks berlebihan yang berisi lebih dari 20% gambar.
    CONTOH

    Kebijakan 20% teks tidak termasuk:

    • Gambar produk yang berisi teks pada produk sebenarnya (mis: sampul buku, sampul album, poster film).
    • Teks yang disematkan di gambar permainan dan aplikasi.
    • Kartun dengan teks yang menjadi bagiannya.

    Kebijakan 20% teks termasuk:

    • Logo dan selogan.
    • Gambar dengan teks yang diperbesar (mis: tanda air).
    • Gambar yang jelas-jelas disunting agar memuat teks pada produk untuk mengakali kebijakan.

    Harap diingat bahwa teks akan ditandai meskipun hanya sebagian kecil dari kotak di alat kisi.

    Satu-satunya hal yang kami anggap sebagai teks di gambar ini adalah logo di kiri bawah.
    Jumlah teks di gambar ini melebihi kebijakan 20% kami dan tidak diizinkan di iklan.
Iklan Prospek
  1. Pengiklan tidak diperbolehkan membuat pertanyaan Iklan Prospek untuk meminta jenis informasi berikut tanpa izin tertulis dari kami:
      1. Informasi yang sama atau secara substansial serupa dengan informasi yang dapat Anda peroleh menggunakan Pertanyaan Templat;
        • Jika kami memiliki Pertanyaan Templat yang meminta informasi, Anda harus menggunakan Pertanyaan Templat, alih-alih menulis pertanyaan Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin mempelajari usia seseorang, Anda harus menggunakan “Tanggal Lahir,” bukan dengan pertanyaan Anda sendiri, “Berapa usia Anda?” atau “Tahun berapa Anda lahir?”
      2. Tanda pengenal yang dikeluarkan oleh pemerintah;
        • Termasuk nomor Jaminan Sosial, nomor paspor, atau nomor surat izin mengemudi.
      3. Informasi keuangan;
        • Termasuk nomor rekening bank, nomor routing bank, nomor kartu kredit atau debit, skor kredit, pendapatan, kekayaan bersih, atau berapa banyak utang yang dimiliki seseorang.
      4. Nomor pelanggan;
        • Termasuk nomor frequent flyer, nomor kartu loyalitas, atau nomor pelanggan telepon atau tv kabel.
      5. Informasi kesehatan;
        • Termasuk kesehatan fisik, kesehatan mental, perawatan kesehatan, kondisi medis, disabilitas.
      6. Informasi asuransi;
        • Termasuk nomor polis asuransi yang masih berlaku.
      7. Nama pengguna & kata sandi;
        • Termasuk nama pengguna dan kata sandi untuk akun yang sudah ada dan yang baru. Sebagai contoh, Anda sebaiknya tidak meminta seseorang untuk membuat nama pengguna atau mengatur kata sandi di Iklan Prospek Anda. Jika Anda ingin meminta orang-orang untuk mendaftar akun, pertimbangkan untuk menggunakan opsi “Alur Lanjutan” yang kami sediakan agar orang tersebut dapat mendaftar melalui situs web Anda.
      8. Ras atau etnis;
        • Sebagai contoh, Anda tidak diperkenankan menanyakan apakah orang tersebut keturunan Afro-Amerika, Hispanik, Asia, atau Kaukasoid.
      9. Orientasi seksual atau informasi tentang kehidupan seksual seseorang;
        • Termasuk jenis kelamin apa yang ingin dikencani.
      10. Keyakinan agama atau filosofi;
    • Sebagai contoh, sebaiknya Anda tidak bertanya apakah orang tersebut beragama Kristen atau apakah dia mendukung hukuman mati.
      1. Afiliasi politik;
    • Sebagai contoh, sebaiknya Anda tidak bertanya apakah seseorang terdaftar di partai Demokrat, Republik, atau Independen, atau apakah orang tersebut mendukung politisi tertentu. Begitu pula, Anda dilarang bertanya apa yang akan dipilihnya atau apa yang sudah dipilihnya dalam pemilu sebelumnya.
      1. Status Serikat Pekerja; atau
    • Sebagai contoh, Anda sebaiknya tidak bertanya apakah seseorang menjadi anggota serikat pekerja; atau serikat pekerja apa yang sudah diikutinya.
      1. Sejarah pidana atau penjara;
    • Sebagai contoh, Anda tidak diperbolehkan bertanya apakah seseorang pernah dihukum atau menjadi tersangka.
Penggunaan Aset Merek Kami
  1. Iklan tidak boleh mengimplikasikan dukungan atau kemitraan Facebook atau Instagram, atau dukungan dari Perusahaan Facebook lainnya.
  2. Iklan yang menautkan ke konten bermerek Facebook atau Instagram (termasuk Halaman, grup, acara, atau situs yang menggunakan Masuk Facebook) boleh membuat rujukan terbatas ke “Facebook” atau “Instagram” dalam teks iklan untuk menjelaskan lokasi tujuan iklan.
  3. Semua iklan atau halaman landas lainnya tidak boleh menggunakan hak cipta, Merek Dagang, atau tanda yang sangat mirip dan menimbulkan kebingungan, kecuali secara tegas diizinkan oleh Pedoman Penggunaan Merek kami atau Pedoman Merek Instagram, atau dengan izin tertulis terlebih dahulu.
Pembatasan Penggunaan Data
  1. Pastikan bahwa data iklan yang dikumpulkan, diterima, atau diperoleh dari iklan Facebook atau Instagram Anda (“Data iklan Facebook”) hanya dibagikan kepada beberapa orang yang bertindak atas nama Anda, misalnya penyedia layanan Anda. Anda bertanggung jawab memastikan bahwa penyedia layanan Anda melindungi data iklan Facebook atau informasi lainnya yang diperoleh dari kami, membatasi penggunaan mereka atas semua informasi tersebut, dan tetap menjaga kerahasiaan dan keamanannya.
  2. Jangan menggunakan data iklan Facebook untuk tujuan tertentu (termasuk penargetan kembali, mencampurkan data di seluruh kampanye milik beberapa pengiklan, atau mengizinkan pemboncengan (piggybacking) atau pengalihan dengan tanda), kecuali secara agregat dan anonim (jika tidak disahkan oleh Facebook) dan hanya untuk menilai kinerja dan efektivitas kampanye iklan Facebook Anda.
  3. Jangan menggunakan data iklan Facebook, termasuk kriteria penargetan iklan Anda, untuk membuat, menambah, menyunting, mempengaruhi, atau memperbanyak profil pengguna, termasuk profil yang terkait dengan pengidentifikasi ponsel atau pengidentifikasi unik lain yang mengidentifikasi pengguna, browser, komputer, atau perangkat tertentu.
  4. Jangan memindahkan data iklan Facebook (termasuk data anonim, agregat, atau data turunan) ke jaringan, pertukaran iklan, pialang data, atau layanan yang berkaitan dengan iklan atau monetisasi lainnya.

Sumber : https://www.facebook.com/policies/ads/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *